Cara Membuat Form Koneksi Database MySQLServer Menggunakan VB6

Dalam pembuatan sebuah aplikasi yang menggunakan database (basis data) tentunya didalam coding program ada sub atau sub function koneksi database untuk menghubungkan database tersebut dengan bahasa pemrograman yang kita gunakan. Pada pembahasan kali ini kita akan coba membuat form koneksi database mysqlserver menggunakan Visual Basic 6.0 (VB6) dengan menginputkan beberapa spesifikasi koneksi seperti Server, Database, User, Password driver yang digunakan MySQL Connector ODBC 5.3.4 Win32 kemudian spesifikasi konfigurasi koneksi database tersebut akan tersimpan secara otomatis pada file konfigurasi yang berekstensi *.ini, Untuk source code pembuatan file konfigurasi berekstensi *.ini telah admin bahas dengan judul artikel Pembuatan Konfigurasi *.INI File Dengan Visual Basic (VB6)

Buka Ms. Visual Basic 6.0 (VB6) buatlah sebuah project dan form. Untuk pertama kalinya kita harus mengaktifkan komponen koneksi ke database. Buka menu Project - Preferences kemudian cari dan ceklist Microsoft ActiveX Data Object 2.8 LIbrary. Untuk pengaktifan komponen koneksi ke database pernah admin bahas pada artikel sebelumnya dengan judul Cara Mengaktifkan Koneksi Menggunakan ADODB.

Desainlah layout tampilan dari form pada Visual Basic 6.0 (VB6) seperti gambar dibawah ini

Cara Membuat Form Koneksi Database MySQLServer Menggunakan VB6
Source Code Cara Membuat Form Koneksi Database MySQLServer Menggunakan VB6

Pada pembahasan ini admin tidak akan menguraikan syntax dari source diatas, disarankan download source code pada link download yang telah tersedia. Setelah agan dowload buka folder download kemudian buka project Visual Basic 6.0 (VB6) RUN/F5. Pada saat pertama kali biasanya akan timbul pesan Error tapi jangan khawatir dulu klik ok dan akan tampil Form konfigurasi koneksi database, pada form tersebut inputkan spesifikasi dari database MySQL Server yang telah terinstal pada komputer agan kemudian klik OK, jika penginputan spesifikasi sesuai dengan Server, Nama Database, User dan Password pada MySQL Server akan tampil pesan bahwa koneksi database sukses

Cara Membuat Form Koneksi Database MySQLServer Menggunakan VB6

Buka folder download kemudian cari file My.ini buka file konfigurasi tersebut akan tampak spesifikasi dari koneksi database yang kita inputkan diawal untuk koneksi ke database. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Related

Visual Basic Classic 8600493373389192438

Post a Comment

Perhatian !!
- Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan sesuai topik pembahasan
- Dilarang menjadikan referensi artikel web ini tanpa menyertakan sumbernya

emo-but-icon

Terbaru

Random Artikel

Memuat...

Contact Us

Name

Email *

Message *

item