Function String Hilangkan Seluruh Spasi Kalimat | VB6

Function string tentunya pagi agan-agan yang bergelut di Microsoft Visual Basic 6.0 sudah tidak asing lagi khususnya penghilang spasi (LTrim, RTrim, Trim) bahkan saya rasa sudah diluar kepala. Terkadang dalam pembuatan suatu aplikasi kita memerlukan penggabungan kalimat/kata (string) tanpa spasi sama sekali, tujuan dari script function yang admin share kali ini yaitu membahas cara menghilangkan seluruh spasi pada kalimat atau paragraf. 

Untuk cara kerjanya pun sama dengan function LTrim, RTrim, Trim string. Misalkan kita mendapati data No. HP dengan format 0813 699 30 155, jika data tersebut kita pakai sebagai no tujuan pengiriman dari SMS Gateway secara otomatis pesan akan gagal, satu-satunya jalan kita harus membuat script yang memformat data No HP tersebut menjadi 085769930155. Untuk script functionnya seperti dibawah ini :
Public Function HilangkanSpasi(strKalimat As String) _
As String
Dim i As Integer
Dim Temp As String
Dim Huruf As String * 1

Temp$ = "": Huruf = ""
For i% = 1 To Len(strKalimat)
    Huruf = Chr(Asc(Mid(strKalimat, i%, 1)))
    If Len(Trim(Huruf)) >= 1 Then
      Temp$ = Temp$ + Chr(Asc(Mid(strKalimat, i%, 1)))
    End If
Next i
HilangkanSpasi = Temp$
End Function
Untuk cara penerapannya di Microsoft Visual Basic seperti ini. Buatlah project kemudian form dan tambahkan komponen TextBox dan CommanButton. Copykan function diatas terlebih dahulu pada form. Kemudian double klik pada CommanButton dan panggil function diatas dengan syntak seperti ini 
MsgBox HilangkanSpasi(Text1.Text)
Kemudian RUN/F5. Inputkan kalimat pada TextBox bila perlu yang banyak, kemudian klik tombol (CommanButton) maka akan tampil pesan yang berisi kalimat diTextBox dengan format kalimat yang sudah tidak berspasi lagi.
Function String Hilangkan Seluruh Spasi Kalimat | VB6

Cukup mudah bukan, semoga script function mungil diatas dapat membantu menyelesaikan permasalah dalam memformat string khususnya pada Microsoft Visual Basic 6.0 dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Related

Visual Basic Classic 5774035466530278799

Post a Comment

Perhatian !!
- Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan sesuai topik pembahasan
- Dilarang menjadikan referensi artikel web ini tanpa menyertakan sumbernya

emo-but-icon

Terbaru

Random Artikel

Memuat...

Contact Us

Name

Email *

Message *

item