Contoh Dasar Penggunaan Fungsi String/Karakter Visual Basic 6.0 (VB6)

Pada kesempatan kali ini admin akan share sedikit tentang Fungsi dan pengolahan data String/Karakter secara dasar pada Microsoft Visual Basic 6.0 yang kerap kali kita jumpai dalam membangun sebuah sistem khususnya menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, pada artikel sebelumnya telah admin singgung mengenai pengolahan data bertype string yaitu pada posting  Cara Mencari Posisi Sebuah Karakter/String Dengan VB6, Cara Menghitung Jumlah Kata dan Membalikan Tulisan VB6, Function String Hilangkan Seluruh Spasi Kalimat | VB6 untuk lebih jelasnya sebagai berikut : 
LCase(x), fungsi string ini dipergunakan untuk merubah karakter (x) menjadi huruf kecil.
nKarakter = LCase(“AKU Ganteng”) , maka nilai nKarakter adalah “aku ganteng”

UCase(x), fungsi string ini dipergunakan untuk merubah karakter (x) menjadi huruf besar.
nKarakter = UCase(“AKU Ganteng”) , maka nilai nKarakter adalah “AKU GANTENG”

Left(x,n), digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kiri sejumlah n.
s = Left(“Aku Ganteng”, 3) maka nilai s adalah “Aku”

Right(x,n), fungsi string ini digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kanan sebanyak n.
s = Right(“Aku Ganteng”, 3) maka nilai s adalah “eng”

Mid(x,m,n), fungsi string ini digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari karakter ke m sebanyak n.
s = Mid(“Aku Ganteng”, 2, 2) , maka nilai s adalah “ku”

LTrim(x) , fungsi string ini digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dari string x.
s = LTrim(“     Aku Ganteng     “), maka nilai s adalah “Aku Ganteng     “

RTrim(x) , fungsi string ini digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kanan dari string x.
s = RTrim(“     Aku Ganteng     “) , maka nilai s adalah “     Aku Ganteng”

Trim(x) , fungsi string ini  digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dan kanan dari string x.
s = Trim(“     Aku Ganteng     “) , maka nilai s adalah “Aku Ganteng”

Len(x) , fungsi string ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari string x.
s = Len(“Aku Ganteng”) , maka nilai s adalah 8.

String(n,x) , fungsi string ini digunakan untuk membuat karakter x sebanyak n.
s = String(10, “A”)
maka nilai s adalah “AAAAAAAAAA”

Space(n) , fungsi string digunakan untuk membuat karakter spasi sebanyak n.
s = Space(10) , maka nilai s adalah “          “

Asc(x) , fungsi string digunakan untuk mengetahui nilai ASCII dari karakter x.
s = Asc(“A”) , maka nilai s adalah 65

Chr(x) , fungsi string digunakan untuk mengetahui karakter dari nilai ASCII x.
s = Chr(65) , maka nilai s adalah “A”

InStr(x,n) , fungsi string  digunakan untuk mengetahui posisi karakter n didalam string x.
Contoh s = InStr(“Aku Ganteng”, “u”) , maka nilai s adalah 3

StrConv(x,n) , fungsi string  digunakan untuk mengubah huruf dalam string x berdasarkan nilai n.
s = StrConv(“Aku Ganteng”, 1) , maka nilai s adalah “AKU GANTENG”
s = StrConv(“Aku Ganteng”, 2) , maka nilai s adalah “Aku Ganteng”
s = StrConv(“Aku Ganteng”, 3) , maka nilai s adalah “aku ganteng”

StrReverse(x) , fungsi string  digunakan untuk membalikkan posisi huruf dalam string x.
s = StrReverse(“Aku Ganteng”) , maka nilai s adalah “gnetnaG ukA”

Replace(x,m,n) , fungsi string  digunakan untuk menggantikan karakter m dalam string x dengan karakter n.
s = Replace("Aku Ganteng", "Jelek", "Ganteng"), maka nilai s adalah “Aku Ganteng”

Split(x,n)(i) , fungsi string digunakan untuk memecah string x berdasarkan karakter n dengan penomoran i.
s=Split("REG#04020022#DIAN#LAKI-LAKI#JEPARA", "#")(0), maka nilai s adalah “REG”
s=Split("REG#04020022#DIAN#LAKI-LAKI#JEPARA", "#")(1), maka nilai s adalah “04020022”
s=Split("REG#04020022#DIAN#LAKI-LAKI#JEPARA", "#")(2), maka nilai s adalah “DIAN”
s=Split("REG#04020022#DIAN#LAKI-LAKI#JEPARA", "#")(3), maka nilai s adalah “LAKI-LAKI”
s=Split("REG#04020022#DIAN#LAKI-LAKI#JEPARA", "#")(4), maka nilai s adalah “JEPARA”

Menghitung jumlah kata dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung jumlah kata dalam string Aku Ganteng Tenan, maka kodenya adalah :
s = UBound(Split("Aku#Ganteng#Tenan", "#")) + 1
maka nilai s adalah 3

Menghilangkan karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghilangkan karakter “a” dalam string “Aku Ganteng Tenan”, maka kodenya adalah :
s = Replace(“Aku Ganteng Tenan”, “a”, ““)
maka nilai s adalah “Aku Gnteng Tenn”
Semoga contoh-contoh fungsi dasar pengolahan data bertype string/karakter dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian

Related

Visual Basic Classic 2654001692548530114

Post a Comment

  1. Contoh Dasar Penggunaan Fungsi String/Karakter Visual Basic 6.0 (Vb6) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Contoh Dasar Penggunaan Fungsi String/Karakter Visual Basic 6.0 (Vb6) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Contoh Dasar Penggunaan Fungsi String/Karakter Visual Basic 6.0 (Vb6) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK vC

    ReplyDelete

Perhatian !!
- Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan sesuai topik pembahasan
- Dilarang menjadikan referensi artikel web ini tanpa menyertakan sumbernya

emo-but-icon

Terbaru

Random Artikel

Memuat...

Contact Us

Name

Email *

Message *

item